HMPS PIAUD GELAR FESTIVAL ANAK KREATIF

HMPS PIAUD IAIN Purwokerto adakan kegiatan Festival Anak Kreatif pada tanggal 16 – 17 September 2019 di Auditorium Utama dan Gedung Student Center, IAIN Purwokerto. Festival Anak Kreatif ini mengangkat tema “Mengembangkan Kreativitas Anak menuju Generasi Millenial yang Berprestasi”. Kegiatan ini diikuti oleh PAUD, TK, KB maupun BA se-ekskaresidenan Banyumas. Adapun perlombaan yang diadakan yakni lomba menari, mewarnai dan hafalan surat pendek. Lomba menari dan hafalan surat pendek dilaksanakan di Auditorium utama dan lomba mewarnai dilaksanakan di Gedung Student Center (GSC). Untuk lomba mewarnai dibagi menjadi dua kategori, yakni kategori A1 dan A2, untuk A1 ditujukan untuk kategori umur 3-4 tahun dan A2 untuk kategori umur 5-6 tahun.

“Kegiatan ini diadakan khususnya dengan tujuan untuk mengembangkan potensi maupun minat dan bakat anak serta melatih kemampuan motorik anak, baik motorik halus maupun motorik kasar. Tujuan umumnya adalah memperkenalkan kualitas Prodi PIAUD IAIN Purwokerto ke khalayak,” terang Uktufiya Biki Nihayah selaku Ketua Panitia Festival Anak Kreatif 2019.

Acara yang dihadiri oleh dosen-dosen PIAUD IAIN Purwokerto serta perwakilan dari seluruh Lembaga Kemahasiswaan FTIK ini dibuka oleh Subur, wakil dekan FTIK. Dalam sambutannya, Subur mengapresiasi kegiatan yang sudah edisi ke-5 ini. Harapannya, dengan acara ini kreativitas anak-anak bisa dikembangkan dengan sebagaimana mestinya, sesuai dengan perkembangan emosional anak.

Terdapat 15 piala yang berhasil diraih oleh pemenang lomba mewarnai, menari, dan hafalan surah pendek. Lomba hafalan dan lomba mewarnai yang terdiri dari dua kategori, adapun yang berhasil meraih juara pertama hafalan surah pendek kategori A, yaitu M. Fatih Al fatah dari TK Islam Al-Falah, juara dua diraih oleh Fathin Ainun Nabila dari TK Islam Al-Falah dan juara tiga diraih oleh Luthfi Sakhi Taidan dari KB Wadas Kelir.

Untuk lomba hafalan surah pendek kategori B, juara satu diraih oleh Akila Fauziyah dari TK islam Al-Falah, juara dua di raih oleh Lila dari TK Sokanegara, dan jara tiga diraih oleh Caca dari TK Sokanegara. Lomba mewarnai dalam katagori A, juara pertama diraih oleh Revania Aghatra, juara dua diraih oleh Andara Kayla, dan juara ke tiga diraih oleh Naufa Keisha, Lomba kategori B, juara pertama diraih oleh Ivona Mega, juara dua diraih oleh Sultan Al-Ghozali dan juara tiga diraih oleh Alya Kartika.

Sementara itu, lomba menari juara pertama diraih oleh RA Diponegoro yang menampilkan tari tradisional “Bungong Jeumpa” dari daerah Aceh, juara kedua diraih oleh TK Sokanegara yang menampilkan “Tari Jawa”, dan yang terakhir juara tiga diraih oleh TK Sokanegara yang menampilkan “tarian dari daerah jawa yaitu “Tari Doklak”.

Heru Kurniawan, selaku Kepala Jurusan PIAUD menyampaikan harapan untuk kegiatan  FAK selanjutnya. Ia berharap agar kegiatan ke depannya lebih baik lagi dan untuk Jurusan PIAUD FTIK IAIN Purwokerto lebih baik dan lebih dikenal di masyarakat luas. (DIS)