HMJ Ekonomi Syariah Gelar Workshop Saham

 

HMJ Ekonomi Syariah mengadakan workshop saham dengan tema “Investment for Beginner in The Milenial Era”, Kamis (19/9). Workhsop yang dilaksanakan di auditorium IAIN Purwokerto ini ditujukan untuk meningkatkan wawasan mengenai saham dan investasi. Acara diikuti oleh 290 peserta dan 3 pemateri utama dari OJK, BEI dan philips security.

Substansi dari kegiatan ini adalah pengenalan saham secara umum kepada para peserta.  Menurut Dekan FEBI, Jamal Abdul Aziz, dalam sambutannya menyatakan bahwa banyak mahasiswa belum mengetahui saham serta mekanismenya serta model bertransaksi di bursa efek Indonesia. Menurutnya, pemahaman mengenai saham sejauh ini masih sekadar teori.

“Tentang saham ini sebenarnya tidak bertentangan dengan syariat Islam bahkan bisa membantu perekonomian nasional. Harapannya, melalui seminar ini, umat Islam pada umumnya, akrab dengan bentuk-bentuk transaksi saham sehingga bisa diterapkan dalam kehidupan” tuturnya.

Sejalan dengan itu, ketua panitia, Adam Fanny Mahdi al Haq, mentayakan bahwa anak ES perlu memulai untuk tahu seluk beluk saham. Acara ini, menurutnya, terinspirasi orang di luar jurusan Ekonomi Syariah yang justru sudah punya saham di usia muda. Sementara itu, di lingkungan IAIN belum ada yg membuka saham secara konsisten dan bekelanjutan. Sehingga dengan diadakannya seminar ini diharapkan mahasiswa IAIN pada umumnya, dan mahasiswa Ekonomi Syariah pada khususnya akan tergerak untuk bisa menanam saham sejak dini.

Materi pertama disampaikan perwakilan OJK (Otoritas Jasa Keuangan) Winti Hapsari. Ia menjelaskan tentang tugas dan peran OJK yaitu mengatur dan mengawasi lembaga keuangan serta melindungi nasabah. Materi kedua disampaikan oleh Agnes Sindhunita Kusumastuti dari BEI. Ia sangat menganjurkan kaum millenial untuk berinvestasi berapapun jumlahnya. Menurutnya, investasi merupakan cara terbaik untuk menabung.

Materi terakhir disampaikan oleh Zainal Falah. Ia mengulas tentang strategi menjadi investor yang andal. Ia juga menjelaskan tentang analisis teknik tempat yang akan dijadikan tempat menanam saham. (DIS)

Print Friendly, PDF & Email