HIBAH TANAH: DUKUNGAN PEMKAB PURBALINGGA ATAS TRANSFORMASI IAIN PURWOKERTO MENJADI UIN SAIZU

Purbalingga- Transformasi IAIN Purwokerto menjadi Universitas Islam Negeri Prof. KH. Saifuddin Zuhri (UIN SAIZU) didukung oleh Pemkab Purbalingga. Dukungan tersebut diwujudkan melalui hibah tanah seluas 170. 702 meter persegi dari Pemkab Purbalingga kepada IAIN Purwokerto. Penandatanganan hibah tanah tersebut dilakukan secara resmi di Pendopo Dipokusumo Pemkab Purbalingga (25/9/2020).

“Hibah tanah ini kami lakukan dalam rangka mendukung transformasi IAIN Purwkerto menjadi Universitas Islam Negeri Prof. KH. Saifuddin Zuhri (UIN SAIZU) yang salah satu kampusnya berada di Purbalingga.” Kata Bupati Purbalingga Dyah Hayunning Pratiwi.

“Banyak Putra Putri Purbalingga yang setelah lulus SMA melanjutkan kuliah ke luar kota, sehingga angka IPM yang rendah setelah diselidiki, ternyata mahasiswa yang di luar kota tidak memberikan dampak signifikan. Maka agar Indeks Pembangunan Manusia (IPM) melesat tinggi dirumuskan membangun universitas di Purbalingga. Dengan berdirinya berbagai universitas di Purbalingga secara tidak langsung akan meningkatkan IPM, ekonomi masyarakat di sekitar kampus juga akan meningkat.” Tambahnya.

Rektor IAIN Purwokerto DR. H. Moh. Roqib, M. Ag sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas kerja sama dan dukungan Pemkab Purbalingga terhadap transformasi IAIN Purwokerto menjadi Universitas Islam Negeri Prof. KH. Saifuddin Zuhri (UIN SAIZU).

“Kabupaten Purbalingga mengukir makna historis atas kerjasama dan dukungannya dengan upaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia, yaitu merespon kebutuhan layanan Pendidikan dengan memberikan lahan. Keputusan memberikan lahan membutuhkan keberanian, kecerdasan, koordinasi, dan keteguhan hati. Atas nama institusi saya berterima kasih, UIN Saizu nantinya akan mengupayakan keilmuan keagamaan dan keilmuan umum dengan mendirikan Fakultas Psikologi, Ekonomi, Sosial Budaya serta Industri Kratif di Purbalingga. ” ungkap Moh Roqib.

Selain jumlah mahasiswa, Fakultas, serta Sumber Daya Manusia, Kebutuhan lahan merupakan salah satu indikator transformasi IAIN menjadi UIN. (Tim Media-2020)

Print Friendly, PDF & Email