Generasi Milenial Mengenal Pancasila

Humas – Dewan Mahasiswa IAIN Purwokerto mengadakan Seminar dan Dialog Interaktif  dengan tajuk “Generasi Milenial Mengenal Pancasila” di GSC IAIN Purwokerto, Senin (14/01).

Seminar tersebut dihadiri sekitar 150 mahasiswa dari luar dan dalam IAIN Purwokerto dengan menampilkan pembicara Sabrang atau lebih dikenal sebagai Noe Vokalis band Letto dan Wakapolres Banyumas Kompol Heru Budiharto.

Hadir pula Wakil Rektor 3 IAIN Purwokerto Dr. Supriyanto, dalam sambutannya dia berharap dengan seminar untuk milenial ini banyak hal baru dalam memaknai pancasila, sehingga lebih membumi dari era 80-an dengan sudut pandang yang  lebih “fresh”.

Heru Budiharo menjelaskan bahwa Pancasila sebagai pandangan hidup dapat mengakomodir dengan baik berbagai latar belakang masyarakat Indonesia. Kearifan lokal yang berkaitan dengan tata nilai, tradisi budaya maupun agama yang menjadi aturan setempat merupakan identitas yang tidak bisa dihindarkan. Untuk itu kepolisian mengajak kepada seluruh masyarakat khususnya kalangan intelektual untuk merawat dan menjaga keberlangsungan bangsa.

Senada dengan Heru, Noe menambahkan kalau Pancasila itu sebagai fakta adalah sama namun sebagai makna bisa berbeda-berbeda tergantung dari sudut apa memandangnya, dia mencontohkan lagu Letto Sandaran Hati dengan lirik yang sama “teringat ku teringat pada janjimu ku terikat
Hanya sekejap ku berdiri kulakukan sepenuh hati”. tapi makna lirik tersebut bisa menjadi berbeda jika dimaknai dari sudut orang yang sedang jatuh cinta dan dari sudut orang yang relijius.

Dengan demikian keberadaan Pancasila merupakan hasil dari penghargaan perbedaan yang dimiliki rakyat Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *