Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto Gelar Studium General: Generasi Millenial yang Cerdas dalam Intelektual dan Berdakwah

Purwokerto-Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto menggelar studium general “Generasi Millenial yang Cerdas dalam Intelektual dan Berdakwah.” Studium general ini digelar secara daring diikuti oleh dosen, mahasiswa dan mahasiswa baru Fakultas Dakwah IAIN purwokerto melalui aplikasi zoom dan live streaming Youtube (20/10/2020).
Menghadirkan dua narasumber pertama, Dr. Abdul Malik, M.A. Dosen University Sains Islam Malaysia menyampaikan tentang urgensi generasi millenial dalam memiliki kecerdasan intelektual dan berdakwah.
Kedua, Veve Zulfikar Basyaiban (Influencer dan Pelantun Sholawat) menyampaikan tentang makna dakwah dan mahasiswa sebagai generasi emas.

“Islam adalah agama yang “rahmatan lil alamin”. Sehingga Islam harus disebarluaskan kepada umat manusia. Sebagai muslim yang beriman, kita diwajibkan untuk melaksanakan dakwah walaupun hanya satu ayat. Apalagi sebagai generasi millenial di era globalisasi yang serba kecukupan saat ini, banyak strategi, metode, dan media yang dapat kita lakukan untuk melaksanakan dakwah. Hadirnya media-media baru seperti surat kabar, majalah, sosial media, jurnal, film, televisi, radio, lukisan, iklan, lagu, dan sebagainya mempercepat penyebaran aktivitas dan materi dakwah,“ jelas Dr. Abdul Malik, M.A. Dosen University Sains Islam Malaysia.

“Secara umum generasi millennial dapat dilihat dari fenomena yang muncul pada masyarakat saat ini. Fenomena yang bisa dilihat dari aktivitas sehari-hari, kebiasaan, ketergantungan kepada koneksi internet, bersifat individual, egoisme, narsis dan lain sebagainya.” jelas Dekan Fakultas Dakwah Prof. Dr. KH. Abdul Basit, M.Ag.

“Ketergantungan masyarakat terhadap kecanggihan teknologi, informasi, dan transformasi dianggap sebagai media atau alat untuk mempermudah aktivitasnya. Sebaliknya, teknologi bisa menjadi momok bagi orang banyak karena dianggap tidak sesuai dengan aturan atau norma yang ada. Kondisi seperti ini menyebabkan timbulnya masalah-masalah sosial yang lahir dari kebiasaan-kebiasaan masyarakat masa kini. Menanggapi isu tersebut, Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto hadir dalam masyarakat untuk memberikan alumni yang cerdas dalam intelektual dan berdakwah,” pungkasnya. (TIM-Media 2020)

Print Friendly, PDF & Email