EXPO IPPBMM KENALKAN PRESTASI MAHASISWA IAIN PURWOKERTO

HUMAS- Invitasi Pekan Pengembangan Bakat dan Minat Mahasiswa (IPPBMM) tahun 2018 kenalkan prestasi dan karya mahasiswa IAIN Purwokerto melalui Expo. Didirikannya berbagai stand di depan gedung Fakultas Ekonomi Bisnis Islam selama pelaksanaan event itu menjadi daya tarik tersendiri. Menurut Rektor IAIN Purwokerto Dr A Lutfi Hamidi M Ag saat diwawancarai pada Slasa,(24/04) Expo sudah cukup bagus, serentak, dan mewakili semua hal yang ada di IAIN Purwokerto.

Menurutnya tujuan adanya Expo untuk mengenalkan IAIN Purwokerto kepada seluruh PTKIN yang mengikuti IPPBMM. Expo yang digelar hari Selasa hingga Jum’at mendatang ini sudah disiapkan begitu matang oleh seluruh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan seluruh Fakultas di IAIN Purwokerto. Untuk persiapan Luthfi menceritakan sudah sejak jauh-jauh hari hal itu karena berkaitan dengan semangat mahasiswa IAIN Purwokerto yang ingin mengenalkan IAIN Purwokerto ke seluruh PTKIN sebagai tuan rumah IPPBMM VII.

Sementara menurut koordinatot Expo, Kusmiyatun dirinya mengaku puas, mengingat ini kali pertama IAIN Purwokerto mengadakan agenda semacam itu. Semangat mahasiswa UKM dan Seluruh Fakultas untuk mensukseskan Expo menjadi kebanggan tersendiri. Awalnya Ia sempat khawatir ketika menginventarisir prestasi dan karya mahasiswa. Akan tetapi setelah melakukan kolaborasi dengan SEMA dan DEMA Kusmiyatun cukup bangga karena karya-karya, dan prestasi mahasiswa IAIN Purwokerto sangat banyak, hanya saja selama ini belum semua diketahui secara keseluruhan.

Dalam Expo tersebut dibuka banyak stand seperti stand Fakultas Dakwah yang menunjukkan kreasinya dalam bidang kepenyiaran, jurnalistik, fotografi, dan berdakwah melalui karya sastra. Menurut mahasiswa Jurusan Komunkasi Penyiaran Islam, April Dwi Lestari Expo IPPBMM ini sangat menarik. Dirinya jadi lebih bisa mengenal Fakultas lain lebih dekat lagi serta tau bahwa mereka punya segudang prestasi yang luar biasa.

Bukan hanya Fakultas dakwah, Fakultas Ekonomi Syariah misalnya mereka memamerkan karyanya berupa Jurnal, Karya terjemahan Al Qur’an bahasa Banyumasan, Manuskrip kitab Fiqih, dan pembuatan kertas Papirus yang unik. Selain itu ada pula stand dari fakultas Ushuludin Adab dan Humaniora yang memamerkan Teks Tafsir Al-Ibriz, Komik Islami, Jurnal Ilmu Tafsir, Kaligrafi dan Lukisan Cat Air. Fakultas Ekonomi Bisnis Islam tak mau ketinggalan mereka menyajikan pelatihan cara mengelola mini bank dan pengelolaan zakat secara online.

Sedangkan untuk Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) sepuluh stand yang mewakili keseluruhan jumlah UKM dan Unit Kegiatan Khusus (UKK) turut meramaikan. Salah satunya UKM Seni Rupa yang menunjukkan karya desain artwork, sketsa wajah 3D, Handlatering, dan Ilustrasi. Sedangkan UKM Master memutar lagu-lagu ciptaannya dan menunjukkan cd karya mereka. Serta banyak lagi yang menampilkan kekhasan bidang masing masing.(aji/van)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.