DEMA IAIN Purwokerto Gelar Diklat Politik dan Pendidikan Kemahasiswaan

Purwokerto—Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) IAIN Purwokerto mengadakan Diklat Politik di Hotel Moro Seneng Baturaden pada sabtu s/d minggu tanggal 10-11 April 2021. Mengusung tema “Pelatihan Kepemimpinan Politik dan Pendidikan Kemahasiswaan yang Efektif dan Efisien.”  Diikuti oleh 45 Peserta dari berbagai kampus yaitu IAIN Purwokerto, UIN Walisongo Semarang, IAIN Pekalongan, UNSIQ Wonosobo dan IBN Tegal.

Ketua panitia Charis Zain mengatakan bahwa kegiatan Diklat ini sangat penting bagi mahasiswa, karena menjadi pemimpin saat ini harus mampu mengakomodir perbedaan.

“Saat ini menjadi pemimpin dituntut mampu mengakomodir perbedaan dan mampu menyatukan seluruh anggota dalam suatu organisasi. Keberhasilan organisasi ditentukan oleh pemimpin yang mampu membawa organisasi mencapai tujuan, dan mampu manjawab tantangan dan arah perubahan zaman,” katanya.

Pemateri dari Kordinator Pusat DEMA PTKIN Se-Indonesia menjelaskan tentang “Organisasi-Disrupsi-Pandemi.” Dia mengatakan bahwa di era disrupsi saat ini mahasiswa membawa peran penting dalam banyak perubahan. Pandemi menjadi bukti  masih banyak organisasi yang belum siap menghadapi perubahan. Salah satunya adalah perubahan kegiatan yang biasanya dilakukan secara langsung, saat ini harus melalui daring. Seorang pemimpin harus bisa menghadapi tantangan tersebut.

“Strategi harus disiapkan dan diimplementasikan dalam melakukan kegiatan atau agenda organisasi. Strategi tersebut meliputi peningkatan SDM, melakukan inovasi, open minded dan adopsi digital untuk menghadapi perubahan. Seorang pemimpin harus smart foundation, smart proces, dan smart conectivity,” pungkasnya. (Tim Media 2021)

Print Friendly, PDF & Email