Delegasi Racana IAIN Purwokerto Ikuti KARTIKA XXII di Palembang

Racana Sunan Kalijaga-Cut Nyak Dien IAIN Purwokerto mendelegasikan empat perwakilannya untuk mengikuti Karya Bakti Pramuka (Kartika) XXII se-Indonesia 2019 yang digelar oleh Racana UIN Raden Fatah Palembang, Sumatera Selatan.

Kegiatan pertemuan besar bagi Pramuka Penegak dan Pandega yang menitikberatkan program pengabdian kepada masyarakat. Agenda perjalanan bakti bagi Pramuka Penegak dan Pandega itu dipusatkan di Kabupaten Pali, Palembang dari tanggal 27 Juli sampai 4 Agustus 2019.
Koordinator kontingen Racana IAIN Purwokerto, Anjar Wahyu Adi menjelaskan KARTIKA XXII lebih banyak kegiatan bakti. Peserta diajak menyatu bersama masyarakat dengan tinggal di homestay perkampungan warga. Peserta lebih banyak berinteraksi dan memahami dinamika masyarakat dengan berbagai kegiatan bakti lingkungan.
“Kegiatan bakti difokuskan pada bakti fisik dan bakti non fisik. Bakti fisik akan membuat sarana umum yang sudah dipersiapkan panitia. Bakti non fisik akan dilakukan pengembangan sumber daya manusia dengan penyuluhan, pendidikan, keagamaan dan pengembangan sumber daya lokal,” papar Anjar Wahyu Adi, Minggu (28/7).

Terpisah, Pembina Pramuka Pandega IAIN Purwokerto, Musmuallim menyampaikan, kegiatan bakti menjadi pola pembinaan bagi Pramuka Penegak dan Pandega. Kegiatan Pandega diorientasikan untuk berkiprah di masyarakat yang disesuaikan dengan perubahan kekinian.

“Bakti masyarakat menjadi sarana pengabdian Pramuka Pandega untuk berkarya di tengah masyarakat. Hal ini sesuai dengan pola dan mekanisme pembinaan Pramuka Pandega yang diatur dalam Gerakan Pramuka,” jelasnya.

Musmuallim menambahkan, Racana IAIN Purwokerto akan terus berupaya untuk mengembangkan pola pembinaan yang disesuaikan dengan kebutuhan. Termasuk memasukkan materi pengembangan keterampilan dan kewirausahaan bagi anggota Racana.

“Selamat menjalankan tugas di KARTIKA XXII Palembang. Jaga nama baik almamater dan pulang membawa nama harum dengan prestasi yang membanggakan. Semoga sukses membawa manfaat dan selalu berkarya untuk berprestasi,” pesannya.
(MMA)

Print Friendly, PDF & Email