Dakwah Digital ala Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto

 

Jumat, 20 September 2019, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), Fakultas Dakwah gelar Pelatihan Youtuber dengan tema  “Dakwah Digital di Era Milenial” yang bertempat di Laboratorium Bahasa IAIN Purwokerto. Pelatihan tersebut diikuti oleh mahasiswa Program Studi KPI dengan menghadirkan narasumber seorang youtuber muda asal Purwokerto, Muhammbad Bintang Ariviano.

Dalam pembukaan seminar tersebut, Prof. Dr. H. Abdul Basit, M.Ag (Dekan Fakultas Dakwah) menyampaikan beberapa penting terkait peran Fakultas Dakwah dalam menyebarkan dakwah di era digital ini. Beberapa hal yang disampaikan Dekan Fakultas Dakwah tersebut di antaranya tentang imbauan beliau pada peserta yang mengikuti pelatihan youtuber ini agar dapat memberikan output berupa komunitas youtuber di lingkungan kampus untuk mengunggah kegiatan-kegiatan dakwah, baik dari kalangan dosen maupun mahasiswa IAIN Purwokerto. Selain itu, peserta diharapkan dapat memberikan manfaat untuk masyarakat luas dengan mengunggah video-video yang memiliki nuansa edukasi dan dakwah, serta diharapkan menciptakan ide-ide kreatifnya dengan membuat konten video yang menarik dan bermanfaat.

Dalam pemaparannya, Muhammad Bintang Ariviano menyampaikan terkait pengelolaan youtube serta etika dalam mengelola youtube. Menurutnya, untuk menjadi youtuber harus mempunyai banyak ide kreatif maupun karya-karya yang dapat menarik perhatian orang lain, sehingga mendapatkan banyak viewers dan subscriber. Dalam pandangannya, ide Fakultas Dakwah yang mengajak mahasiswanya menyebarkan dakwah dan membuat konten dakwah di kanal youtube sangat baik. Hal itu akan memberikan warna dan genre yang bagus bagi perkembangan youtube di Indonesia.

Print Friendly, PDF & Email