Cuti Studi

Cuti studi ialah hak khusus bagi maha¬siswa program S-1 untuk tidak melakukan studi pada semester tertentu. Cuti studi diberikan kepada mahasiswa karena ada hal-hal atau kepentingan yang tidak memungkinkan untuk mengikuti kegiatan akademik pada semester yang akan berlangsung. Ijin cuti studi dapat diberikan dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Mengajukan Surat Permohonan Ijin Cuti kepada Dekan Fakultas masing-masing yang diketahui Penasihat Akademik (PA). Ada¬pun caranya: mengisi formulir permohonan ijin cuti atau berhenti sementara, dengan syarat yang bersangkutan telah mengikuti kuliah sedikitnya dua semester pada semester pertama dan semester kedua.
  2. Surat Permohonan Ijin Cuti Studi diajukan kepada Dekan Fakultas masing-masing selambat-lambatnya tujuh hari setelah masa pembayaran SPP atau herregistrasi berakhir. Selanjutnya, Dekan Fakultas bersama Ketua Jurusan mempertimbangkan, kemudian menerbitkan Surat Keterangan Ijin Cuti yang bersangkutan.
  3. Ijin cuti diberikan kepada mahasiswa sebanyak-banyaknya dua semester berturut-turut, dan diperhitungkan dalam batas masa studi, dan berlaku bagi mahasiswa yang telah kuliah minimal dua semester. Mahasiswa yang menjalani cuti studi dibebaskan dari kewajiban membayar SPP, tetapi tetap mengisi formulir herregis-trasi. Ia tidak berhak mendapatkan pelayanan akademik, termasuk bimbingan skripsi.
  4. Apabila telah habis masa cuti studinya, yang bersangkutan tidak membayar SPP dan tidak melakukan herregistrasi, maka yang bersangkutan dianggap telah mengundurkan diri sebagai mahasiswa (drop out).
  5. Mahasiswa yang mengundurkan diri berhak meminta keterangan lengkap mengenai transkip jumlah matakuliah dan nilainya yang pernah diikuti.
  6. Memenuhi kewajiban administrasi lain yang ditetapkan oleh IAIN Purwokerto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *