Bersama FORNASMEBI, DEMA FEBI IAIN Purwokerto Gelar Webinar Nasional Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional

Purwokerto – DEMA FEBI IAIN Purwokerto Bersama Forum Nasional Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis Islam (FORNASMEBI) menggelar webinar nasional dengan tema “Pengembangan Desa Digital dan UMKM Sebagai Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional.” Digelar secara virtual melalui platform Zoom Meeting, Senin (19/04/2021).

Peserta webinar nasional ini berasal dari berbagai instansi yaitu instansi pemerintahan, corporate, hingga pendidikan di seluruh Indonesia.

Mendatangkan narasumber Asisten Deputi Pemberdayaan Masyarakat dan Kewirausahan Kementerian Koodinator Bidang Perekonomian Chairul Saleh, dan Tri Handayani, Co-Pontren mart dan Komite Pemberdayaan Pesantren Pembinaan Usaha Mikro Masyarakat Ekonomi Syariah Pusat.

Chairul Saleh menjelaskan tentang pentingnya wirausaha bagi mahasiswa, khususnya bagi mahasiswa dengan basic ekonomi dan bisnis.

“Berwirausaha sangat penting bagi mahasiswa, karena mahasiswa memiliki sumber daya lebih dibandingkan masyarakat non akademik, sehingga di harapkan mampu dengan cepat meningkatkan perekonomian secara makro khususnya untuk mahasiswa basic studi bisnis dan ekonomi,” katanya.

Sementara itu, Tri Handayani mengatakan bahwa untuk meningkatkan UMKM harus dimulai dari titik awal yakni melalui komunitas-komunitas yang dibina secara khusus misalnya pesantren.

“Untuk terus meningkatkan UMKM maka kita harus memulai dari titik awal dalam meningkatkan perekonomian negara yakni melalui komunitas-komunitas yang dibina secara khusus agar lebih produktif. Seperti dipesantren-pesantren. Dilakukan pembinaan secara lengkap mulai dari SDM sampai pemasarannya. Sehingga dengan pembinaan secara khusus, UMKM yang ada di pesantren berjalan dengan baik,” ungkap Tri. (Tim Media 2021)

Print Friendly, PDF & Email