Bangun Atmosfer Akademik, FTIK Aktifkan Kembali Diskusi Rutin Dosen

Purwokerto— Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Purwokerto mengaktifkan kembali Diskusi Rutin Dosen yang sempat vacum dikarenakan Pandemi Covid-19. Diskusi perdana dalam masa new normal ini dilaksanakan secara Online melalui Zoom Cloud Meeting dan Live Streaming Youtube Official FTIK pada jam 14.00-15.30. Dekan FTIK, Dr. H. Suwito, M.Ag menjadi pembicara dalam Diskusi Rutin Dosen perdana dengan moderator Herman Wicaksono, M.Pd. diskusi ini diikuti oleh hampir 50 dosen FTIK ataupun dari fakultas lainnya.  (09/03/2021).

Tema diskusi yang disampaikan oleh Suwito “Al-Ghazali’s Education Media about Concept of Qalb (Hati) in Sufism.” Diskusi Rutin dosen ini dilaksanakan sebagai forum belajar bersama, berbagi ide, membangun atmosfer akademik, saling sharing akademik, saling memberi masukan, dan kolaborasi penelitian antar dosen,” jelas Dekan FTIK, Dr. H. Suwito, M.Ag.

Dalam diskusi ini narasumber menyampaikan bahwa Al-Ghazali menggunakan alam dan lingkungan untuk membangun mental image yang kemudian bisa terpahaminya makna Sufism. Kapasitas manusia (imajinasi, estimasi, dan refleksi) juga digunakaannya untuk membangunn comprehensive mental image tentang konsep Sufism.

Peserta sangat antusias dalam mengikuti Diskusi Rutin ini. Hal ini dibuktikan dengan adanya beberapa pertanyaan yang muncul dari peserta. Pertanyaan yang pertama dari Dr. Saifudin, M.Ag., tentang konstruksi keilmuan dari surat As-Sajdah (9) dan surat As-Syu’ara (52) jika dikaitkan dengan konsep dari Imam al-Ghazali. Pertanyaan kedua dari Fahri Hidayat M.Pd.I, tentang aktualisasi konsep Pendidikan agar mampu mengoptimalisasi kemampuan Qalbu.

“Ketua Panitia Diskusi Rutin Dosen, Abdal Chaqil harimi, M.Pd.I., menyampaikan bahwa dengan adanya Diskusi Rutin walaupun dilaksanakan secara online ini diharapkan bisa terbentuk kultur akademik yang kondusif, dan memberikan kesempatan dosen untuk berani menyampaikan ide-ide karena sifat diskusi yang free-risk.

Dengan adanya diskusi dosen ini diharapkan seluruh dosen bisa berpartisipasi, baik menjadi narasumber ataupun  menjadi peserta agar bisa saling berbagi ilmu.

(Tim Media 2021)

Print Friendly, PDF & Email