Aplikasi Srandaljapit, Upaya LPPM Tingkatkan Kualitas Riset Dosen IAIN Purwokerto

 

Sekitar 100 hadirin yang terdiri dari dosen dan peneliti IAIN Purwokerto memenuhi Hall Perpustakaan untuk ikut serta dalam workshop yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IAIN Purwokerto dengan  tema “Pemanfaatan Teknologi Informasi untuk Akselerasi Penelitian” serta sosialisasi aplikasi Srandaljapit

Para narasumber pada acara tersebut adalah Yusuf Saefudin, S.H., M.H. dari Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED), dan H. Supriyanto, S.Si., M.Si., dari Universitas Wijaya Kusuma (UNWIKU) pada sesi pertama dan Suprisdiantoko, S.Pd. dari LPPM IAIN Purwokerto pada sesi ke dua.

Pada sesi pertama, para narasumber menerangkan tentang aplikasi-aplikasi yang dapat membantu penulisan laporan penelitian, antara lain aplikasi Mendeley dan Zotero yang dapat menyimpan ratusan file rujukan dalam digital library, membantu penulisan sitasi, dan daftar pustaka.

Sementara sesi kedua, Suprisdiantoko, S.Pd. menerangkan cara kerja aplikasi Srandaljapit dalam membantu proses pelaporan penelitian dan pengabdian masyarakat, juga memandu langkah-langkah pengoperasian aplikasi tersebut.

Srandaljapit, akronim dari Sistem Riset Andalan Jenjang Penelitian, adalah sebuah aplikasi manajemen pelaporan penelitian dan pengabdian dosen dan peneliti IAIN Purwokerto yang dikembangkan oleh LPPM.