51 Tamu Racana IAIN Purwokerto Ikuti Penerimaan Calon Pandega

Sejumlah 51 peserta mengikuti Penerimaan Calon Pandega (PECAPA) Tahun 2019 Racana Sunan Kalijaga Cut Nyak Dien IAIN Purwokerto. Kegiatan digelar dari Jumat sampai Minggu tanggal 29 hingga 31 Maret 2019 di Hall Perpustakaan Kampus setempat dan Perbukitan Cendana Melung, Kedungbanteng.

Pecapa sebagai tahap kaderisasi anggota bagi Tamu Racana untuk dilantik menjadi Calon Pandega. Acara yang diselenggarakan setiap tahun ini, mengambil tema Terdidik, Terlatih, Tangguh.

Ketua Reka Kerja, Anjar Wahyu Adi menyampaikan, Pecapa salah satu bentuk pengkaderan anggota Racana. Proses mendidik dan melatih untuk mencetak generasi penerus Racana.

“Calon peserta telah diseleksi dan di screening melalui beberapa tahapan yaitu kewajiban mengikuti bina diri secara rutin, interview, cek fisik dan kesehatan,” katanya.

Di depan pembina upacara, Anjar melaporkan, materi yang disampaikan diantaranya leadership, kepandegaan, pertolongan pertama, teknik navigasi, teknik bivak, longmarch dan sebagainya.

“Materi yang disampaikan meliputi indoor dan outdoor. Porsi materi lebih banyak disampaikan secara outdoor,” terangnya.

Achmad Fauzi Amsar, S.H.I, CHC, narasumber kegiatan dari Kebon Jeruk Jakarta menjelaskan, setiap pemimpin harus memiliki keberanian untuk mengambil keputusan. Hasil keputusan akan memberikan timbal balik dari yang dipimpinnya.

“Disinilah pemimpin mengambil peran mengelola dan mengarahkan anggota agar lebih fokus dan terarah sesuai visi dan misi organisasi,” paparnya.

Fauzi menambahkan, dalam kepemimpinan di Dewan Racana harus berlandaskan nilai-nilai Dasa Dharma Pramuka. Pemimpin yang mampu mengedepankan nilai keteladanan, kepeloporan dan kedisiplinan.

Sebab sejatinya pemimpin, lanjut Fauzi, mereka yang mampu menerapkan nilai-nilai itu dalam mempengaruhi orang lain untuk mewujudkan tujuan tertentu.

“Kepemimpinan dijalankan untuk mempermudah mencapai tujuan organisasi. Sehingga prinsip kolektif kolegial dibutuhkan untuk mensukseskan jalannya kepemimpinan,” pungkasnya.

(Musmuallim/acm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *