104 Mahasiswa Baru Terima BIDIKMISI

HUMAS- 104 Mahasiswa baru IAIN Purwokerto terima beasiswa pendidikan miskin dan berprestasi (BIDIKMISI) tahun 2017. Hal itu disampaikan wakil rektor III IAIN Purwokerto Dr Supriyanto LC MSI saat ditemui di ruang kerjanya Senin, (25/9). Seluruh penerima menurut Supri telah melalui tahap verifikasi sehingga dipastikan penerima bidikmisi tepat sasaran.

Mahasiswa penerima menurut Supri tersebar di lima Fakultas yang ada di IAIN Purwokerto. Dengan rincian 21 penerima dari Fakultas Dakwah dan Komunikasi, 19 Penerima dari Fakultas Ekonomi Bisnis Islam, 44 Penerima dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, 9 Penerima dari Fakultas Ushuludin Adab dan Humaniora dan 11 Penerima dari Fakultas Syari’ah. Seluruh penerima nantinya akan mendapatkan biaya pendidikan enam juta rupiah tiap semester sampai dengan selesai tepat waktu atau delapan semester.

Seluruh mahasiswa bidikmisi menurut Supri nantinya harus mampu untuk mempertahankan prestasinya dengan IPK minimal 3,10. Selain itu  mahasiswa harus bersedia untuk mematuhi tata tertib kehidupan kampus. Selain itu kebijakan dari IAIN Purwokerto mahasiswa juga didorong untuk hafal Al- Qur’an minimal 2 Juz. Kebijakan itu diterapkan dengan maksud agar output dari mahasiswa Bidikmisi dapat semakin berkualitas.

Untuk peruntukan dana itu menurtu Supri digunakan untuk pembiyaan pendidikan seperti pembelian buku dan hal-hal yang menunjang kelancaran proses belajar mahasiswa BIDIKMISI. Kedepan Supri akan mengupayakan agar kuota BIDIKMISI di IAIN Purwokerto dapat ditambah. Tujuannya agar lebih banyak lagi mahasiswa yang berprestasi namun kurang mampu dapat menikmati jenjang pendidikan hingga ke perguruan tinggi. Namun pemberian beasiswa dapat dihentikan jika mahasiswa melanggar ketentuan serta melakukan cuti, non aktif atau Drop Out.

Sementara menurut Penerima BIDIKMISI 2016 Ahmad Nurkholis adanya BIDIKMISI di IAIN Purwokerto sangat membantu. Pasalnya dengan adanya beasiswa itu dirinya jadi mendapatkan kemudahan dalam hal pembiyayaan proses pendidikannya. Nurkholis meyakini dengan adanya BIDIKMISI kesempatan untuk mendapatkan akses pendidikan pada perguruan tinggi bagi masyarakat kurang mampu dapat terbuka.

Pembatasan waktu sampai delapan semester untuk pemberian beasiswa diakui dirinya sangat memacu agar dia dapat menyelesaikan kuliah tepat waktu. Selain itu dengan adanya ketentuan untuk mempertahankan prestasi maka secara tidak langsung memotivasi dirinya agar belajar sungguh-sungguh untuk meraih prestasi terbaik. Kholis berharap kedepan lebih banyak lagi kuota BIDIKMISI agar semakin banyak mahasiswa yang dapat memperoleh. (van)

3 thoughts on “104 Mahasiswa Baru Terima BIDIKMISI

  1. Assalamu’alaikum
    Sebelumnya saya minta maaf saya mau minta nomer SK yang bidik misi soalnya file bidik misinya hilang di hp saya
    Trimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *